Contoh Soal UNBK Bahasa Indonesia untuk SMP
Berikut kumpulan contoh soal mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk jenjang SMP/MTs. Soal ini sudah dilengkapi dengan jawabannya yang bisa kamu gunakan sebagai bahan belajar untuk persiapan ujian, baik ujian sekolah, ujian tengah semester, dan ujian semester. Semoga soal dan jawaban mata pelajaran Bahasa Indonesia ini bermanfaat untuk kamu.
Soal Nomor 1
Bacalah paragraf berikut!
Gagasan utama paragraf tersebut adalah:
Gagasan utama paragraf tersebut adalah:
A. | berbagai motif batik cirebonan |
B. | produk batik rumahan dan pabrikan |
C. | Trusmi sebagai sentra batik cirebonan |
D. | kegemaran orang Cina akan motif batik |
Bacalah paragraf berikut! Gagasan utama paragraf tersebut adalah terletak pada kalimat …. |
A. | pertama |
B. | kedua |
C. | ketiga |
D. | keempat |
Persamaan informasi kedua kutipan berita tersebut adalah …. |
A. | hasil yang diperoleh |
B. | waktu pelaksanaan |
C. | cabang pertandingan |
D. | target yang diinginkan |
Perbedaan penyajian kedua kutipan teks berita tersebut adalah :. |
A. | Teks Berita Idiawali dengan unsur berita apa Teks Berita IIdiawali dengan unsur berita kapan |
B. | Teks Berita Idiawali dengan unsur berita kapan Teks Berita IIdiawali dengan unsur berita apa |
C. | Teks Berita Idiakhiri dengan unsur berita bagaimana Teks Berita IIdiakhiri dengan unsur berita siapa |
D. | Teks Berita Idiakhiri dengan unsur berita di mana Teks Berita IIdiawali dengan unsur berita di mana |
Keistimewaan tokoh tersebut adalah …. |
A. | termasuk 100 pengarang dunia |
B. | penulis novel dan cerita singkat |
C. | seorang pengarang yang produktif |
D. | dijuluki Albert Camus Indonesia |
Sikap tokoh R.M. Padmosantjojo yang patut diteladani pada kutipan bacan tersebut terdapat pada kalimat nomor …. |
A. | (1) dan (2) |
B. | (1) dan (3) |
C. | (1) dan (4) |
D. | (1) dan (5) |
Penjelasan kalimat nomor 3 pada teks iklan tersebut adalah … |
A. | Bergabungnya kami dengan Akademi Bintang Gemintang, Anda akan mendapat pembelajaran berbisnis yang handal. |
B. | Penggabungan Anda dan Akademi Bintang Gemintang akan mendapat pembelajaran berbisnis yang handal. |
C. | Kuliah di Akademi Bintang Gemintang, mahasiswa akan mendapat pembelajaran berbisnis yang handal. |
D. | Dengan bergabung di Akademi Bintang Gemintang menjadikan Anda pelajar yang handal. |
Maksud teks iklan tersebut adalah … |
A. | Menghindari kejahatan internet dapat dilakukan dengan mewaspadai cyber crime |
B. | Dalam internet terdapat tindakan yang perlu dikenali, diwaspadai, dan dihindari. |
C. | Keberadaan internet tidak bisa dihindari maka perlu kita kenali dan waspadai. |
D. | Ada kejahatan dalam internet, maka kita harus mengenali, mewaspadai, dan menghindari. |
Fakta pada iklan tersebut ditandai nomor …. |
A. | 1 |
B. | 2 |
C. | 3 |
D. | 4 |
Simpulan isi paragraf tersebut adalah … |
A. | Indonesia menurunkan tingkat hubungan diplomatik karena penyadapan yang dilakukan Australia. |
B. | Pemerintah Australia marah karena penyadapan yang dilakukan pemerintah Indonesia. |
C. | Duta Besar Australia marah karena penyadapan yang dilakukan pemerintah Indonesia. |
D. | Hubungan diplomatik antara Indonesia dan Australia menurun karena kekurangan intelejen. |
Simpulan grafik tersebut adalah … |
A. | Kebutuhan kedelai bulan Agustus mengalami penurunan. |
B. | Kebutuhan kedelai tertinggi terjadi pada bulan November. |
C. | Kebutuhan kedelai dalam enam bulan terakhir tidak stabil. |
D. | Jumlah kebutuhan kedelai bulan Agustus sama dengan Oktober. |
Pernyataan yang sesuai dengan isi tabel tersebut adalah … |
A. | Wisatawan yang datang ke Padang mengalami kenaikan. |
B. | Yogyakarta sebagai daerah wisata kedua terbanyak dikunjungi wisatawan. |
C. | Wisatawan yang berkunjung ke Bandung dan Jakarta memiliki jumlah yang sama. |
D. | Dalan dua tahun terakhir Jakarta sebagai kota yang paling sedikit dikunjungi wisatawan. |
Pertanyaan yang sesuai dengan isi bagan tersebut adalah … |
A. | Siapa yang membuat Struktur Organisasi Karang Taruna Mandiri? |
B. | Kapan Struktur Organisasi Karang Taruna Mandiri tersebut dibuat? |
C. | Ada berapa seksi dalam Struktur Organisasi Karang Taruna Mandiri? |
D. | Bagaimana jika Struktur Organisasi Karang Taruna Mandiri tidak dibuat? |
Arah perjalanan yang paling efektif dari losmen ke lokasi pertandingan adalah …. |
A. | dari Jalan Walet belok kiri ke Jalan Elang lurus ke Jalan Beo belok kiri ke Jalan Pelatuk |
B. | dari Jalan Walet belok kanan ke Jalan Kutilang belok kanan ke Jalan Kakatua belok kanan ke Jalan Merpati |
C. | dari Jalan Walet belok kanan ke Jalan Kutilang belok kiri ke Jalan Cendrawasih belok kanan ke Jalan Pelatuk |
D. | dari Jalan Walet belok kanan ke Jalan Kutilang belok kanan ke Jalan Kakatua belok kiri ke Jalan Cendrawasih |
Tema puisi tersebut adalah …. |
A. | Sawah hijau |
B. | Keindahan gunung |
C. | Keindahan alam Indonesia |
D. | Keamanan rakyat Indonesia |
Citraan larik pertama pada kutipan puisi tersebut adalah …. |
A. | perasaan |
B. | penglihatan |
C. | penciuman |
D. | pendengaran |
Larik bermajas pada kutipan puisi tersebut ditandai nomor …. |
A. | (1) dan (2) |
B. | (2) dan (3) |
C. | (3) dan (4) |
D. | (4) dan (5) |
Penggambaran watak tokoh Aku pada kutipan cerpen tersebut melalui cara …. |
A. | dialog antartokoh |
B. | penggambaran fisik |
C. | penyebutan langsung |
D. | penceritaan tokoh lain |
Bukti watak tokoh aku suka mengadu terdapat pada nomor …. |
A. | (1) dan (2) |
B. | (3) dan (4) |
C. | (5) dan (6) |
D. | (7) dan (8) |
Latar tempat pada kutipan cerita tersebut adalah di …. |
A. | rumah dan dapur |
B. | rumah dan hutan |
C. | rumah dan pasar |
D. | rumah dan warung |
Konflik pada kutipan cerpen tersebut adalah …. |
A. | keinginan orang tua agar anaknya lekas beristri |
B. | harapan agar cucunya segera terlahir dengan selamat |
C. | keinginan seorang anak untuk berjuang melawan Belanda |
D. | harapan orang tua agar anaknya tidak berperang melawan Belanda |
Perbedaan latar sosial pada kedua kutipan novel tersebut adalah …. |
A. | Novel I masyarakat pertanian Novel II masyarakat perkotaan |
B. | Novel I lingkungan petani Novel II lingkungan terpelajar |
C. | Novel I lingkungan terpelajar Novel II lingkungan pedagang |
D. | Novel I masyarakat pedagang Novel II masyarakat petani |
Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan novel tersebut adalah …. |
A. | Novel I (bahasa sastra lama, bahasa mudah dipahami) Novel II (bahasa sastra lama, bahasa sulit dipahami) |
B. | Novel I (bahasa sastra lama, bahasa sulit dipahami) Novel II (bahasa modern, bahasa mudah dipahami) |
C. | Novel I (bahasa modern, bahasa sulit dipahami) Novel II (bahasa sastra lama, bahasa mudah dipahami) |
D. | Novel I (bahasa modern, bahasa sulit dipahami) Novel II (bahasa modern, bahasa mudah dipahami) |
Latar tempat pada kutipan naskah drama tersebut adalah …. |
A. | ruang rapat |
B. | wilayah konflik |
C. | posko bencana |
D. | daerah bencana |
Konflik pada kutipan naskah drama tersebut adalah …. |
A. | orang tua yang masih menganggap anaknya masih balita |
B. | orang tua tidak memahami makna keadilan yang tuntut anaknya |
C. | seorang anak yang bentrok dengan polisi karena menuntut keadilan |
D. | orang tua mencemaskan salah seorang anaknya yang belum pulang |
Catatan buku harian yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah … |
A. | Kamis, 11 September 2014, ulangan Bahasa Indonesia dibagikan. Aku mendapat nilai tertinggi. Aku malu pada diriku sendiri karena menyontek. Maafkan aku telah mengkhianati kepercayaanmu guruku. Aku malu pada-Mu, Tuhan. Janjiku, takkan pernah ada lagi kata “menyontek†di kamus hidupku. |
B. | Kamis, 11 September 2014, ulangan Bahasa Indonesia. Aku mendapat nilai tertinggi, tetapi hasil menyontek. Aku malu karena Bu Ita menegurku. Maafkan aku telah mengkhianati kepercayaanmu guruku. Aku malu pada-Mu, Tuhan. Janjiku, aku tidak akan pernah menyontek lagi selama hidupku. |
C. | Kamis, 11 September 2014, hari yang sangat membanggakan buatku. Ulangan Bahasa Indonesia dibagikan. Aku mendapat nilai tertinggi. Rasa malu pada diriku sendiri begitu dalam. Maafkan aku guruku karena aku menyontek. Aku malu pada-Mu, Tuhan. Aku bertekad takkan lagi menyontek. |
D. | Kamis, 11 September 2014, ulangan Bahasa Indonesia dibagikan. Santi mendapat nilai tertinggi. Namun, Santi malu pada diri sendiri karena menyontek. Ia pun meminta maaf karena mengkhianati kepercayaan Bu Ita. Ia juga malu kepada Tuhan. Ia berjanji tidak akan menyontek saat ulangan. |
Pesan singkat yang tepat disampaikan Pembina OSIS kepada Ketua OSIS adalah … |
A. | Buat pengumuman penggalangan dana seluruh siswa bagi korban banjir paling lambat 2 September 2014. Umumkan mulai 26 September 2013. |
B. | Galang dana dari seluruh siswa untuk korban banjir. Penyerahan paling lambat 26 September 2014. Sosialisasikan mulai 2 September 2014. |
C. | Tolong, galang dana dari seluruh siswa bagi korban banjir. Penyerahan paling lambat 26 September 2014. Salurkan mulai 2 September 2014. |
D. | Umumkan kepada seluruh siswa agar mengumpulkan sumbangan bagi korban banjir paling lambat 2 September 2014. Bagikan 26 September 2014. |
Susunan paragraf laporan yang padu berdasarkan kalimat-kalimat tersebut adalah …. |
A. | (1) – (3) – (2) – (5) – (4) |
B. | (2) – (5) – (1) – (4) – (3) |
C. | (3) – (4) – (1) – (2) – (5) |
D. | (5) – (2) – (1) – (4) – (5) |
Isi pengumuman yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah … |
A. | Kegiatan Tanam Pohon Bersama akan dilaksanakan pada 26 September. Warga sekolah dapat menyumbangkan satu tanaman paling lambat 24 September 2014. |
B. | Pemberitahuan ditujukan kepada seluruh siswa bahwa sekolah akan mengadakan kegiatan Tanam Pohon Bersama pada tanggal 24 s.d. 26 September 2014. |
C. | Tanam Pohon Bersama akan dilaksanakan pada 26 September 2014. Diharapkan temanteman dapat menyumbangkan satu tanaman paling lambat 24 September 2014. |
D. | Seluruh siswa diimbau dapat menyumbangkan satu tanaman untuk kegiatan Tanam Pohon Bersama di sekolah paling lambat 24 September 2013. |
Paragraf resensi yang tepat sesuai data buku tersebut adalah … |
A. | Buku Optimalkan Peran Otak karangan Qaulan Tsaqila, diterbitkan pada tahun 2012. Buku ini mempunyai tampilan yang digarap secara baik. Bahasa yang digunakannya sangat komunikatif, sehingga memudahkan pembaca memahaminya. |
B. | Buku Optimalkan Peran Otak ditulis oleh Qaulan Tsaqila. Buku ini mulai diedarkan tahun 2012. Buku ini sangat bermanfaat karena bisa menjadi pedoman bagi pelajar dalam memaksimalkan potensi otaknya. Bahasanya sangat mudah dipahami, sehingga memudahkan pembaca. |
C. | Buku Optimalkan Peran Otak karangan Qaulan Tsaqila ini mempunyai keunggulan karena bisa menjadi pedoman bagi pelajar dalam memaksimalkan potensi otaknya. Sayang bahasanya sangat komunikatif, sehingga memudahkan pembaca memahaminya. Kemudian, ada yang sedikit mengganggu, tampilan sampul buku ini yang terkesan sangat seadanya. |
D. | Buku Optimalkan Peran Otak ditulis oleh Qaulan Tsaqila. Buku yang mulai diedarkan tahun 2012 ini bisa menjadi pedoman bagi pelajar dalam memaksimalkan potensi otaknya. Bahasa yang digunakannya sangat mudah dipahami, sehingga memudahkan pembaca. Meski sampul buku terkesan seadanya, buku ini tetap layak dibaca. |
Bagian pembuka yang tepat untuk melengkapi surat tersebut adalah … |
A. | Maaf baru membalas suratmu. |
B. | Apa kabar? Semoga baik, ya. |
C. | Jangan bosan kirim surat padaku! |
D. | Semoga kita dapat bertemu kembali. |
Kalimat penutup yang tepat untuk melengkapi surat tersebut adalah … |
A. | Demikian undangan ini kami sampaikan. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih. |
B. | Demikian undangan ini kami sampaikan. Atas kerja sama Saudara, diucapkan terima kasih. |
C. | Demikian undangan ini kami sampaikan. Atas perhatian Ibu, kami ucapkan terima kasih. |
D. | Demikian undangan ini kami sampaikan. Atas perhatian Saudara, diucapkan terima kasih. |
Penulisan surat pembaca yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah … |
A. | Saya sebagai Ketua OSIS SMP Harapan, menyampaikan keluhan teman-teman tentang lingkungan sekolah yang kurang nyaman. Hal itu berkaitan dengan sering tersumbatnya saluran air di kamar kecil. Saya mohon Kepala Sekolah agar segera memberi solusi untuk masalah tersebut. |
B. | Saya sebagai Ketua OSIS SMP Harapan, menyampaikan keluhan teman-teman tentang lingkungan sekolah yang kurang nyaman. Hal itu berkaitan dengan sering tersumbatnya saluran air di kamar kecil. Dengan keadaan seperti itu kami merasa kurang nyaman. |
C. | Kami menyampaikan keluhan teman-teman tentang lingkungan sekolah yang kurang nyaman. Hal itu berkaitan dengan sering tersumbatnya saluran air di kamar kecil. Kami mohon pihak sekolah agar segera memberi solusi untuk masalah tersebut. |
D. | Saya sebagai Ketua OSIS SMP Harapan, menyampaikan keluhan teman-teman tentang lingkungan sekolah yang kurang nyaman. Hal itu berkaitan dengan sering tersumbatnya saluran air di kamar kecil. Saya mohon kepada pihak terkait agar segera memberi solusi untuk masalah tersebut. |
Rangkuman bacaan tersebut adalah … |
A. | Penderita pengecilan otak akan mengalami keterlambatan dalam menyampaikan sebuah informasi. |
B. | Melihat gambar porno dapat menimbulkan kecanduan yang mengakibatkan otak bagian tengah depan secara fisik mengecil. |
C. | Melihat gambar porno mengakibatkan kecanduan. Hal itu disampaikan pada seminar tentang dampak pornografi terhadap kerusakan otak. |
D. | Hasil penelitian ahli bedah syaraf Amerika menyatakan kecanduan melihat gambar porno mengakibatkan penderita mengalami keterlambatan. |
Teks berita yang sesuai dengan fakta tersebut adalah … |
A. | Filipina pernah diterjang topan Haiyan. Topan ini mampu menimbulkan banjir setinggi 4 meter di banyak lokasi, sanggup menewaskan 255 orang, dan membuat hampir 630.000 orang harus mengungsi. |
B. | Topan Haiyan dilaporkan telah menerjang Filipina. Topan tersebut mengakibatkan banjir setinggi 4 meter di banyak lokasi. Akibatnya, 255 korban tewas dan hampir 630.000 orang harus mengungsi. |
C. | Filipina telah diterjang topan Haiyan. Topan ini telah menimbulkan kerusakan yang luar biasa, yaitu banjir setinggi 4 meter yang ratusan korban tewas. |
D. | Filipina diterjang topan Haiyan. Sungguh mengerikan akibat topan ini. Ada 255 korban tewas dan hampir 630.000 orang harus mengungsi. Topan tersebut selain berakibat korban jiwa juga harta. |
Slogan yang tepat dibuat oleh Ketua OSIS adalah …. |
A. | Hidup sehat, hidup pilihan |
B. | Hidup bersih, pikiran jernih |
C. | Pikiran jernih, bebas pikiran |
D. | Bersih diri, bersih lingkungan |
Iklan baris yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah… |
A. | BU, rmh mwh, LT/LB 400/500, 2 LN, 3 KT, 2 KM, grs. Harga 500 jt. Jkt. Hub.021.7533334 |
B. | Jual cpt, BU, rmh mwh, LT/LB 400/500, 2 LN, 3 KT, 2 KM, grs, klm rng. Jkt. Hub.021.7533334. |
C. | Jual cpt, BU, rmh mwh, LT/LB 400/500, 2 LN, 3 KT, 2 KM, grs, klm rng. Harga 500 jt. Jkt. Hub.021.7533304. |
D. | BU, rmh mwh, LT/LB 400/500, 2 LN, 3 KT, 2 KM, grs. Harga 400 jt. Jakarta. Hub.021.7533334 |
Kalimat yang tepat untuk melengkapi petunjuk tersebut adalah … |
A. | (3) Hubungi call center kereta api. (5) Tukarkan alat bukti bayar dari ATM ke loket penukaran di stasiun kereta api. |
B. | (3) Catatlah nomor KTP/identitas lain yang Anda miliki. (5) Pulanglah ke rumah sambil menunggu keberangkatan. |
C. | (3) Bawalah KTP ke stasiun kereta api terdekat. (5) Tukarkan alat bukti bayar dari ATM ke loket penukaran di stasiun kereta api. |
D. | (3) Hubungi call center kereta api. (5) Bawalah alat bukti bayar dari ATM ke stasiun kereta api untuk siap berangkat. |
Agar menjadi petunjuk yang runtut, urutan yang tepat adalah …. |
A. | (1) – (3) – (2) – (5) – (4) |
B. | (3) – (4) – (1) – (5) – (2) |
C. | (4) – (3) – (1) – (5) – (2) |
D. | (5) – (2) – (1) – (4) – (5) |
Pembuka teks pidato yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah… |
A. | Kegiatan ini diadakan agar kalian mempunyai semangat belajar menjelang UN. Dengan semangat belajar yang tinggi, Bapak berharap kalian dapat meraih nilai UN yang tinggi pula. |
B. | Demikian sambutan yang dapat Bapak sampaikan. Pesan Bapak, simak baik-baik apa yang nanti disampaikan motivator, sehingga kalian memperoleh manfaat dari kegiatan ini. |
C. | Ujian Nasional telah kalian laksanakan. Saatnya kita berdoa kepada Tuhan, semoga jawaban yang kalian pilih adalah yang benar, sehingga nilai yang dapat kalian raih maksimal. |
D. | Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kesehatan dan kesempatan kepada kita, sehingga kita dapat mengikuti pemberian motivasi ini. |
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang pada teks pidato tersebut adalah … |
A. | Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh kita sebagai orang tua untuk membantu anak bergaul di dunia luar. |
B. | Banyak contoh perilaku siswa di sekolah yang kurang baik, seperti tidak menghormati guru, pacaran berlebihan, bullying, dan masih banyak lagi. |
C. | Mudah-mudahan kita menjadi generasi berkarakter yang akan membawa bangsa dan negara kita ke arah yang lebih baik. |
D. | Namun, orang tua harus membuka wawasan terhadap perkembangan karakter si anak yang mestinya dipahami oleh orang tua. |
Rumusan masalah yang sesuai dengan tema tersebut adalah … |
A. | Mengapa media internet meningkatkan prestasi belajar siswa? |
B. | Apakah dengan media internet prestasi belajar siswa meningkat? |
C. | Kapankah prestasi belajar dapat meningkat karena media internet? |
D. | Bagaimanakah media internet dapat meningkatkan prestasi belajar? |
Saran yang sesuai dengan simpulan tersebut adalah … |
A. | Gunakan penetasan secara tradisional karena hasilnya banyak dan biaya lebih hemat. |
B. | Lebih baik menetaskan telur ayam secara tradisional, meskipun hasilnya terbatas. |
C. | Bila ingin menetaskan telur ayam dalam jumlah banyak, gunakan mesin penetas. |
D. | Cara penetasan telur ayam secara tradisional memiliki risiko gagal sangat kecil. |
Penulisan daftar pustaka yang tepat berdasarkan data buku tersebut adalah … |
A. | Keraf, Gorys. 2007. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia. Wiyanto, Asul. 2005. Kesusasteraan Sekolah. Jakarta: Grasindo. |
B. | Gorys, Keraf. 2007. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia. Asul,Wiyanto. 2005. Kesusasteraan Sekolah. Jakarta: Grasindo. |
C. | Keraf, Gorys. 2007. Argumentasi dan Narasi. Gramedia: Jakarta. Wiyanto, Asul. 2005. Kesusasteraan Sekolah. Grasindo: Jakarta. |
D. | Keraf, Gorys. Argumentasi dan Narasi. 2007. Jakarta: Gramedia. Wiyanto, Asul. Kesusasteraan Sekolah. 2005.Jakarta: Grasindo. |
Perbaikan kalimat tersebut agar menjadi kalimat efektif adalah … |
A. | Listrik dewasa ini telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat. |
B. | Listrik dewasa ini telah menjadi daerah bagian yang tak terpisahkan dari sejumlah kehidupan warga masyarakat. |
C. | Listrik saat dewasa ini telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari sejumlah kehidupan warga masyarakat. |
D. | Listrik saat dewasa ini telah menjadi daerah bagian yang tak terpisahkan dari sejumlah kehidupan masyarakat. |
Perbaikan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah … |
A. | Setiap peserta ujian harap menyiapkan: pulpen, pensil 2B penghapus, dan rautan. |
B. | Setiap peserta ujian harap menyiapkan; pulpen, pensil 2B penghapus dan rautan. |
C. | Setiap peserta ujian harap menyiapkan pulpen, pensil 2B, penghapus, dan rautan. |
D. | Setiap peserta ujian, harap menyiapkan: pulpen, pensil 2B penghapus, dan rautan. |
Perbaikan pemakaian kata bercetak miring pada paragraf tersebut adalah …. |
A. | (1) berkualitas, (2) aktivitasku, (3) memanjatkan |
B. | (1) bermutu, (2) usahaku, (3) mengatakan |
C. | (1) pandai, (2) kondisiku, (3) mengabulkan |
D. | (1) berprestasi, (2) upayaku, (3) menghargai |
Bagian isi yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah …. |
A. | (1) Sadarlah makhluk ciptaan Tuhan (2) Jalankan semua perintah kewajiban |
B. | (1) Jika ingin sukses dalam pergaulan (2) Teman susah haruslah kita tolong |
C. | (1) Ayo, kawan belajar kelompok (2) Ujian Nasional di depan mata |
D. | (1) Jika sikap kita sombong (2) Alamat badan akan binasa |
Larik bermajas yang tepat untuk melengkapi puisi tersebut adalah …. |
A. | Bencana alam pun melanda | |
B. | Hingga alam tumpahkan murka | |
C. | Gunung meletus semburkan lava | |
D. | Tak bersyukur atas nikmat-Mu |
Dialog yang tepat untuk melengkapi naskah drama tersebut adalah … |
A. | (1) Katanya tidak perlu dubangunkan! (2) Ya, Bu. Amanda tidak akan ulangi lagi. | ||
B. | (1) Maafkan Amanda, Bu. (2) Besuk tidak akan diulangi lagi. | ||
C. | (1) Segera sarapan pagi, ya! (2) Amanda berangkat dulu ya, Bu! | ||
D. | (1) Mandi dan segera sarapan! (2) Iya, Ibuku tersayang. |