Mengidentifikasi Jenis Adaptasi Makhluk Hidup di Lingkungan Sekitar
Materi yang dibahas di sini adalah materi tentang Kelangsungan Hidup Makhluk Hidup pada mata pelajaran IPA Terpadu untuk siswa kelas 9, dan pada materi ini siswa akan mengidentifikasi jenis adaptasi yang dilakukan oleh makhluk hidup tersebut melalui hasil temuan yang ada di lingkungan sekolah. Kemudian mendokumentasi hasil temuan tersebut dalam bentuk foto dan mendatanya dalam bentuk tabel hasil penemuan.
Berikut langkah-langkah kegiatan belajar dengan memanfaatkan media sosial facebook ini!
1. Tugas ini dilakukan dengan berkelompok, jadi siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok dibagi menjadi 4 atau 5 orang/kelompok, agar siswa lebih mudah mendiskusikan hasil temuan di lapangan.
2. Setiap kelompok diperintahkan untuk membawa HP minimal 1 buah untuk setiap kelompok.
3. Siswa diperintahkan untuk mencari dan mendata hasil temuan mereka yang ada di linkungan sekitar sekolah, bisa mencari makhluk hidup yang ada di belakang sekolah.
4. Mendokumentasikan hasil temuan di lapangan dalam bentuk foto dan mengisi data yang sudah disediakan.
5. Jika semuanya sudah lengkap, setiap kelompok diperintahkan untuk mengunggah hasil temuan ke dalam grup facebook yang sudah disediakan.
6. Memprsentasikan hasil temuan di depan kelas.
7. Jika suemuanya sudah selesai, saatnya melakukan penilaian tentang hasil temuan dan penelitian sederhana ini.
Berikut beberapa contoh hasil tugas siswa dengan memanfaatkan media sosial facebook untuk kegiatan belajar!
- Saat diunggah sebagai bahan penilaian
- Saat pengumpulan hasil temuan siswa